Saturday, November 19, 2011

Homemade toys: 'Hadiah' mama untuk si 19 bulan


Di usianya yang sudah memasuki 19 bulan ini, selain berusaha menyediakan sebanyak mungkin kesempatan untuk bermain bebas (tanpa instruksi, struktur, peraturan dan batasan), saya juga sudah mulai mengenalkan berbagai konsep dan latihan konsentrasi dan motorik halus untuk Neo. Apa lagi yang lebih mengasyikkan daripada membuatnya sendiri? semua serba mudah, sederhana dan GRATIS, karena saya punya bahannya di rumah, eh ada yang beli ding, pipe cleaners
Berikut beberapa 'hadiah' mainan edukatif yang saya buatkan untuk Neo. 


1. CAR COLOR SORT GAME

Berhubung saya lagi mengajari nama-nama warna pada Neo, saya pun berniat membuatkan mainan color sorting yang menarik perhatiannya. Saat ini Neo sedang suka sekali main mobil-mobilan, pokoknya segala sesuatu yang ada rodanya ;p Setelah mendapat inspirasinya dari sini, saya pikir ini kesempatan yang bagus banget, karena setelah saya periksa, setidaknya kami punya beberapa mobil mainan dengan berbagai warna berbeda. Di rumah ada sepotong karton nganggur dari dus bekas minuman kemasan, kami punya banyak stok kertas warna-warni dari penyimpanan bahan-bahan prakarya si kakak, jadi nggak ada alasan untuk nggak segera membuatnya!

Bahan-bahan:
1 lembar karton tebal/kardus lembaran
Kertas warna (mengingat usia anak, sebaiknya jumlah warna jangan terlalu banyak)
Mainan mobil sesuai warna dengan kertas warna 
Penggaris
Alat tulis
Lem
Gunting

Cara membuat:
1. Ukur panjang dan lebar karton/kardus lembaran dengan menggunakan penggaris. Pada karton milik saya, saya membaginya menjadi 8 bagian sama besar.
2. Potong-potong kertas warna sesuai dengan ukuran yang sudah dibuat, tempelkan menggunakan lem pada karton.
3. Jadi deh... ini bener-bener sederhana kok, anak yang lebih besar bahkan bisa membantu membuatnya. 

Bermain sambil belajar nama-nama  warna. 
** Pada hasil akhir di foto ini, di sela-sela kertas warna saya tambahkan electrical tape warna hitam dan hasilnya tampak lebih bagus dan rapi (sekaligus bisa lebih awet karena kertas warna terkunci ditempatnya) 
2. DOMPET UNTUK NEO

Anak usia ini suka sekali meniru apa yang kita lakukan. Hal lainnya yang juga sangat mereka sukai adalah membuka tas, dompet atau wadah untuk mengeluarkan isinya (baca: ngeberantakin printilan-nya mama sampe susah nyarinya! hehe). Salah satu hal spesifik yang suka dilakukan Neo adalah membuka-buka dan mengeluarkan isi dompet mama, mulai dari uang, koin sampai kartu-kartunya. Pernah suatu saat saya memergokinya membuang ke tempat sampah 1 lembar uang 50ribu yang sudah lecek diremas-remas olehnya! mungkin dia pikir ini kertas kok udah lecek, pasti sampah ya..? hedeww... ;'(
Karena kegemarannya itu, saya dapat ide untuk membuatkan sebuah dompet khusus untuk Neo, lengkap dengan uang, koin dan kartu-kartunya! :D

Bahan-bahan:
- Dompet bekas/nganggur nggak terpakai
- kertas hvs
- alat tulis
- kartu kredit/kartu keanggotaan/kartu tanda pengenal bekas
- koin aneka warna dan ukuran

Bongkar-bongkar dompet yukkk!
Awalnya sih saya pikir ini ide cukup norak, hihihi, tapi ternyata Neo cukup suka lho, intinya toh tetap membongkar dompet, dibolehin lagi, masa iya sih dia nggak mau,...hehe. Saya buatkan uang mainan yang digambari bentuk-bentuk yang sederhana dan sudah ia kenal, bisa sekalian buat belajar bentuk dan angka juga kan (teteup...). Beberapa koin berbagai bentuk dan warna, bisa buat belajar sequencing, mana yang paling kecil, sedang, lebih besar, paling besar dan seterusnya. 
Oh ya, satu catatan penting, bila ingin dompet mainan ini 'laku' alias anak berminat memainkannya, pastikan dompet mama tidak ada dalam jarak pandang dan di luar jangkauan anak! 
Jadi mama pun intinya tetap harus siap siaga menjauhkan dompetnya dari anak, dan letakkan si dompet mainan di tempat-tempat yang sering ia lihat, atau justru dibawa saat bepergian sebagai salah satu pengalih perhatiannya. 




3. MAINAN MEMASUKKAN PIPE CLEANER KE LUBANG KECIL

Ini adalah ide tambahan untuk mainan yang sudah saya buat sebelumnya. Neo sih masih suka banget dengan permainan yang awalnya saya kenalkan, tapi untuk melatih konsentrasi dan menambah tingkat kesulitannya, saya menambahkan lubang kecil pada tutup wadah. Jadinya seperti ini:


Ah, harapan saya hanyalah agar Neo terus tumbuh sehat, selalu bahagia dan semakin pintar :)



Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...