Wednesday, November 09, 2011

Homemade Toy: untuk si 1 tahun "Mainan Masuk-Keluar-Buka-Tutup-Kocok!"

Mainan seru, buatan sendiri, mudah dan murah untuk si 1 tahun ;)
Si 1 tahunku ini lagi suka-sukanya mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, termasuk benda-benda yang ada di rumah. Salah satu kegiatan favoritnya (yang memang sangat baik untuk melatih motoriknya) adalah membuka dan menutup toples, botol, laci, buku, pintu, tas, dompet, pokoknya semua yang bisa dibuka dan ditutup deh! yang bahkan lebih seru dari itu adalah menumpahkan apa pun isi yang ada di dalam tempat tersebut dan juga memasukkannya kembali. Semua kegiatan sederhana yang asyik dan bisa seharian dilakukan Neo. 
Melihat kenyataan ini dan rak penyimpanan kaleng Pringles-ku yang masih saja terus bertumbuh (hihihi), maka muncullah ide untuk membuatkan mainan khusus untuk mefasilitasi semua kegemaran dan kehebohan ini.  Intinya sih sangat simpel kok, kumpulkan saja benda-benda kecil (tapi nggak terlalu kecil sekali, ingat bahaya tersedak) untuk dimasukkan dan dikeluarkan dengan asyiknya oleh anak. Di tahap awal, sangat berguna untuk latihan anak membuka dan menutup wadah, setelah lancar, ajari untuk memasukkan (dan mengeluarkan) benda-benda ke dalam wadah). Jika hal itu sudah mulai membosankan, tambahkan lubang di wadah dengan ukuran yang pas dengan benda-benda kecilnya (jangan terlalu besar, supaya tingkat kesulitannya naik dan melatih konsentrasi) dan ajak si kecil untuk memasukkan benda melalui lubang tersebut.

Serunya membuat mainan DIY dari barang-barang bekas ;D
Bahan-bahan:
- wadah bekas/container plastik/kotak bertutup (bentuknya terserah, yang penting tutupnya bisa dengan mudah dibuka si kecil)
- tutup botol bekas, wooden stringing beads, dll (intinya mainan/benda-benda kecil)
- kertas pembungkus untuk menghias wadah
- gunting/cutter tajam
- lem

Kumpulkan tutup botol warna-warni & hiasi dengan ceria
Cara membuat:
1. bungkus wadah dengan kertas pembungkus/kain atau hiasan lain (ini hanya untuk alasan dekoratif saja, kalau nggak sempat juga nggak apa-apa sih.. ;p)
2. buat lubang di salah satu bagian wadah dengan ukuran yang pas untuk memasukkan mainan-mainan.
3. jadi deh! super gampang tapi bisa dimainkan si kecil dengan semangat dab berbagai cara!




Neo lagi asyik buka-tutup wadah
Catatan penting banget: 
- Saat bermain bersama balita, SANGAT besar kemungkinan permainan tidak berjalan sesuai rencana, karena biasanya mereka terlalu kreatif untuk dibatasi oleh aturan permainan atau hanya beberapa cara untuk memainkan barang, jadi sabar saja kalau:
1. Si kecil justru lebih asyik memainkan pernak-perniknya
2. Lebih suka melempar-lempar wadahnya ;p
3. Lebih suka membuat bunyi-bunyian dengan wadah
4. Lebih suka mengigiti tutup wadah (hehe)
5. Lebih suka mengeluarkan daripada memasukkan benda-benda (mama jadi asisten memasukkan benda-benda dan si kecil yang asyik 'menuang' isinya..)
6. Si kecil lebih seru memasukkan dan mengeluarkan tangannya ke dalam wadah.
7. Si kecil malah ingin memasukkan benda-benda yang lainnya kedalam wadah (misal: lipstick mama, handphone, mobil-mobilan, boneka kecil, dll)
8. kemungkinan terburuk: Si kecil TIDAK TERTARIK MEMAINKANNYA! :D
Ingat, selalu ada hari lain dan kesempatan lain untuk mencoba,.......!!

Happy Playing! 

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...