Thursday, January 10, 2019

Ide Belajar: Metalik = Magnetik? Belum tentu!


Mengeksplorasi magnet dan segala sifatnya yang menarik, sangat seru dan menyenangkan bagi anak-anak. Ada 'keajaiban' tersendiri yang dialami anak saat mengeksplorasi sifat tarik menarik maupun tolak menolak dari magnet.  Sejak kecil, anak-anak saya seringkali memainkan magnet dalam berbagai bentuk. Yang paling sederhana misalnya menempelkan huruf-huruf plastik warna-warni di pintu kulkas.

Untuk alasan yang sama, banyak mainan anak-anak yang dibuat dengan memanfaatkan sifat magnet, misalnya travel magnetic board games yang sengaja dibuat magnetik, agar bagian-bagian dari permainan tidak mudah hilang ataupun tercecer. Yang umum juga misalnya papan gambar magnetik. Saya juga membuat beberapa mainan anak DIY dengan magnet, diantaranya magnetic funny faces.  

Kali ini saya menyusun sebuah invitation to play buat Neo untuk mengeksplorasi benda-benda mana saja yang bersifat magnetik. Kegiatannya meliputi mencobai benda-benda di dalam nampan satu persatu dengan menggunakan magnet batangan yang sudah disediakan untuk mengetahui apakah benda-benda itu menempel pada magnet atau tidak dan kemudian memilah-milahnya dalam kategori magnetik dan non magnetik (sorting). 

Seringkali tampilan benda yang metalik dan memiliki warna seperti logam, membuat anak berpikir bahwa bentu itu tentunya magnetik, tapi belum tentu! Kadang benda-benda non magnetik terbuat dari plastik, kayu dan sebagainya bisa dibuat berwarna metalik sehingga nampak seperti logam, tapi karena tidak terbuat dari logam, jadi tidak menempel di magnet.

Kegiatan ini sederhana, bisa dilakukan dengan menggunakan benda-benda apa saja di rumah dan bisa menjadi pembuka topik pembicaraan yang lebih luas misalnya tentang bahan-bahan benda, sifat benda dan sebagainya. Bahkan mama juga bisa menjelaskan bahwa tidak semua logam juga bersifat magnetik. Aktivitas ini sangat mudah dilakukan dan edukasional. 

Silakan dicoba ya papa dan mama!  

No comments:

Post a Comment