Thursday, November 03, 2011

Homemade Toy: Marble Run dari kotak bekas

Ah, kelereng.. mengingat anakku laki-laki semua, kami punya banyak sekali, jarang disentuh, apalagi karena kemarin-kemarin Neo masih terlalu kecil dan bahaya tersedaknya masih tinggi, seringkali hanya disimpan di dalam toples kaca. Apa ya cara asyik memainkan si benda bulat nan cantik ini? Sebelumnya saya sudah pernah membuat Marble-ous Maze yang hanya bisa dinikmati si kakak, karena masih kelewat advanced buat Neo.  
Saat saya sedang cari-cari inspirasi, saya 'menemukan' si papa keren yang sangat menginspirasi: Joel Henriques. Ide untuk membuat Marble Run ini saya lihat di websitenya yang penuh dengan ide-ide crafting yang sederhana tapi indah. 
Bahan-bahan dasarnya yang minim dan tersedia di rumah mendorong saya untuk langsung begadang dan membuatnya (punya anak 18 bulan di rumah, mana bisa crafting siang-siang..hehehe). Cara membuatnya juga sangat mudah dan cepat:

Bahan-bahan:
- 1 buah kotak bekas susu atau sereal (yang bentuknya persegi panjang)
- gunting, cutter
- penggaris untuk mengukur
- alat tulis
- lem, selotip



Cara membuat:
1. Potong sisi bagian depan kotak menggunakan pisau/gunting yang tajam (hasilnya seperti gambar diatas). Jangan lupa sisakan sekitar 1 cm di bagian paling bawah karena akan berfungsi sebagai pagar penahan kelereng agar tidak berceceran kemana-mana. 
2. Potong bagian karton yang sudah dipotong menjadi 3 bagian panjang yang lebar dan panjangnya sama (lihat gambar).
3. Lubangi bagian kanan atas kotak untuk tempat masuknya kelereng.
4. Ukur lebar kotak, mulai lipat karton-karton panjang (yang 3 buah) agar bisa pas ditempatkan di dalam kotak. Perkirakan dengan tepat sudut-sudut kemiringan yang baik untuk meluncurnya kelereng. Supaya tidak repot kalau pengukuran dan penempatan salah, saya tidak langsung memberi lem, melainkan menggunakan klip kertas dulu.  

5. Bila sudah pas, buat lubang di tiap-tiap sudut bawah termiring sebagai titik jatuhnya kelereng. Ingat hati-hati saat memotong supaya nggak terjadi kesalahan. 
6. Jadi deh! Mainan ini sangat sederhana, tapi adiktif banget lho.. (tanya anak-anakku deh!) Oh ya, pastikan anda punya lebih dari 5 kelereng, karena lebih mengasyikkan untuk melihat si kelereng kejar-kejaran turun kebawah!

Ta da! sudah jadi. Gampang dan cepat!



Akhirnya Neo bisa ikutan main juga! :D
Mau mencoba bikin juga? Happy marble-running!

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...