Wednesday, October 19, 2011

Homemade Toy: Marble-ous Maze



Saya suka banget cari ide dan inspirasi art craft di internet, terutama ide-ide mainan buatan sendiri (DIY=Do It Yourself). Saya suka anak-anak saya memainkan mainan buatan sendiri, karena hal ini mengajari mereka bahwa mainan asyik itu bukan hanya yang dibeli di toko dan harus yang harganya mahal. Saya pun menyukai konsep reusing dan recycling dan berusaha mengenalkannya pada anak-anak saya. Mereka perlu tahu bahwa apapun bisa kita buat dari barang-barang yang tak terpakai dan seringkali dianggap cuma 'sampah'.

Ide Marble Maze ini saya dapat dari website keluarga super keren Family Fun. Setelah melihat ide craft ini dan fakta bahwa saya punya semua bahan-bahannya di rumah, maka saya pun segera membuatnya. Asyiknya, waktu yang diperlukan nggak lama, paling sekitar 45 menit hingga 1 jam saja!


Bahan yang diperlukan:
- Tutup kotak sepatu bekas
- Cat (saya pakai cat Tempera)
- 5 buah sedotan plastik
- Pensil/pulpen
- Penggaris untuk mengukur dan menggambar garis
- Gunting
- Lem
- 1 buah kelereng

Cara membuat:
1. Pertama-tama saya cat dulu permukaan dalam tutup kotak, sebetulnya nggak dicat juga nggak apa-apa sih, tapi supaya kelihatan lebih menarik dan kesan homemade-nya juga keliatan banget. kalo ingin cepat dan hasil yang lebih terang warnanya, bisa juga dilapisi pakai kertas warna. 
2. Gambarkan pola maze dengan menggunakan pensil/ pulpen dengan bantuan penggaris.
3. Potong-potong sedotan plastik sesuai dengan ukuran yang sudah kita gambarkan.
4. Tempelkan potongan sedotan berbagai ukuran ke permukaan garis yang sudah kita gambar. Jadi deh! Mudah kan...??


Arvin (6tahun) senang sekali waktu pertama kali diberimainan ini dan langsung memainkan Marble Maze-nya ini, dengan bangga dia mengatakan ke orang-orang bahwa mama yang membuatkan untuknya. Bagi saya tentu menjadi kebahagiaan tersendiri melihat anakku menyukai dan benar-benar memainkan mainan buatan saya.
Cukup lucu juga kalo dipikir, karena ini kali pertama Arvin memainkan Marble Maze asli, biasanya dia memainkannya di App yang ada di handphone. Menurut pengakuannya, nggak kalah asyik lho!


Selamat mencoba ya!

No comments:

Post a Comment