Saturday, February 28, 2015

Belajar Berhitung dengan Domino

Saat ini Neo (4thn) sedang suka-sukanya menghitung. Saya dengan senang hati memfasilitasi kesenangannya itu dengan menyediakan banyak kesempatan berlatih. Namun supaya tidak bosan dengan cara menghitung yang begitu-begitu saja tiap hari mama harus putar otak mencari cara yang menarik untuk menyegarkan suasana belajar sambil bermain Neo.

Kali ini mama memanfaatkan domino sebagai sarana belajar menghitungnya Neo.
Titik-titik pada keping domino dimanfaatkan sebagai 'soal' penjumlahan yang akan diselesaikan. Siapa sangka Neo suka sekali menghitung titik-titik kecil domino sampai selesai.
I'm one happy mama.

Sunday, October 27, 2013

Ide bermain: Bermain dengan tutup botol plastik

Saya suka sekali menyusun sebuah undangan untuk bermain untuk anak-anak saya (Invitation to Play). Undangan ini bersifat terbuka Dan disusun di area yang aksesibel untuk anak melihat dan menemukan benda-benda mainan tanpa perlu instruksi apapun dari kita.

Kali ini undangan bermain yang saya siapkan adalah tutup botol plastik.

Kami sudah cukup lama mengoleksi benda-benda cantik berwarna-warni ini. Setelah dicuci bersih dan dikeringkan, mereka siap dimainkan. 

Thursday, October 03, 2013

Homemade Toy: Tangram Puzzles

Tangram adalah salah satu puzzle klasik yang sangat terkenal. Saya sudah lama sekali ingin memiliki puzzle ini. Arvin Dan saya sudah sering memainkannya di game Tangram via tablet app. Tapi sebagai seorang Mama yang percaya dengan kekuatan hands on learning, saya merasa harus memberikan pengalaman bermain Tangram secara langsung buat para krucils. 
Beberapa produk Tangram yang saya lihat di pasaran rasanya kok terlalu mahal untuk kualitas yang biasa2 aja :-P (terbuat dari kayu dengan kualitas cat yang kurang baik) ada juga yang terbuat dari plastik, merk import Dan harganya 235rb per set. Pheww.. Too pricey for my budget! Saya bertekad untuk membuat sendiri Tangram puzzles buat krucils saya.

Beberapa hari belakangan saya kurang sehat Dan banyak menghabiskan waktu di atas tempat tidur.. Rasanya sebel banget Dan kok bener2 nggak produktif :( teringatlah saya pada proyek membuat Tangram sendiri yang sejak lama belum terealisasi ini. 
Setelah dipikir2 saya memutuskan craft foam adalah bahan yang cocok, sempat berpikir untuk memakai kardus, tapi kok kayaknya akan jadi kurang awet, jadi pilihan jatuhlah ke foam. 
Untuk polanya sebenarnya sangat mudah tapi saya menggunakan printable dari sini. Di website tersedia juga pola Tangram yang besar (bagus untuk balita dan pemula), tapi kali ini saya membuat Tangram dengan pola ukuran kecil karena ingin memanfaatkan sisa-sisa craft foam yang kami miliki. Mungkin lain kali saya akan khusus membeli foam dan membuat puzzle yang besar. Bahan2 penting yang tidak boleh ketinggalan adalah gunting yang tajam, penggaris dan pulpen untuk menandai. 
Dengan beberapa potongan yang hati-hati Dan kesabaran dalam hal ukur sana-sini (hehehe) jadilah si DIY Tangram Puzzle buat para krucils!! Yay... :-) seneng deh bisa menyediakan satu lagi alat bermain dan belajar buat mereka. 
Minat mencoba moms?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...