Friday, January 18, 2019

Ide belajar: Area & Perimeter Dice Game

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk permainan ini
Konsep luas area adalah konsep dasar pemahaman matematika yang penting, namun kadang dalam prosesnya, mempelajarinya bisa jadi membosankan bagi anak. Dalam mempelajari konsep ini, anak juga otomatis  berlatih kemampuan perkaliannya.

Berikut ini adalah ide belajar sambil bermain sederhana yang sering kami mainkan bersama-sama di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan permainan ini sangat sederhana, kemungkinan kita semua sudah miliki di rumah.

Bahan yang diperlukan antara lain: 
- kertas kotak-kotak/buku dengan halaman kotak-kotak (grid pages)
- alat tulis, sebaiknya tersedia dalam 2 pilihan warna atau lebih karena setiap warna mewakili 1 pemain
- 2 buah dadu permainan 

Permainan ini dilakukan dengan cara para pemain bergiliran menggulir dadu, angka yang ditunjukkan kedua dadu merupakan area yang harus ditandainya di kertas kotak (dalam hal ini berguna menjadi papan permainannya). Jadi misalnya angka 2 dan 5 muncul dari dadu, maka pemain akan menandai di kertas area sebesar 2x 5 kotak (panjang x lebar).  
Permainan terus berlanjut hingga kertas penuh, dianjurkan untuk memakai kertas kecil sehingga permainan tidak menjadi terlalu lama, atau peserta lebih dari 2 orang agar papan permainan menjadi lebih cepat penuh.

Pemenang dari permainan ini adalah pemain yang pada akhirnya memiliki area paling luas secara total di papan permainan. Jadi di akhir permainan para peserta mengalikan semua area milik mereka dan menjumlahkannya. 

Seru dan tentunya melatih kemampuan matematika anak sambil bermain.
Selamat mencoba! 

Neo sedang seru menandai areanya 

No comments:

Post a Comment