Monday, March 05, 2012

Ide belajar balita: Matching Pairs



Kegiatan kali ini melatih anak untuk mencari persamaan/menemukan 2 buah benda yang sama (berpasangan) di antara banyak benda yang dimasukkan dalam 1 wadah. Kegiatan ini sangat bagus untuk melatih diskriminasi visual, ketelitian dan konsentrasi anak.

Saya pun bongkar-bongkar  mencari 2 benda yang sama di sekeliling rumah dan memasukkan benda-benda ini ke dalam keranjang:
- Boneka kepala gajah kecil
- Tutup wadah selai
- Segitiga kuning dari balok kayu
- Botol bekas minuman dan tutupnya
- mainan plastik doraemon
- Spidol kuning
- Mega Blocks satuan
- Bola plastik putih
- Puzzle segitiga
- Klip kertas bentuk gajah kecil
- Tumbuhan plastik
- Gelang dari manik kayu

Saya berikan instruksi sederhana kepada Neo : "Neo, semua barang di keranjang ini ada pasangannya. Neo cari 2 barang yang sama ya". Saya contohkan dengan mencocokkan sampai 2 pasang benda , kemudian menaruhnya kembali ke dalam keranjang untuk Neo lakukan sendiri. Karena kegiatan ini memerlukan banyak tempat (untuk memilah pasangan-pasangan benda), maka saya tidak menaruhnya di meja, tapi dengan menggelar selimut di kasur. 



Neo nampaknya langsung memahami maksudnya dan segera sibuk mencari benda-benda yang sama.  Dia pun sempat mengamati benda-benda yang dipegangnya dan berusaha mengkolaborasikannya dengan beda-benda lain, seperti:
- memasukkan spidol ke dalam botol
- menempatkan bola ke atas lubang botol/menganalisa apakah bola muat dimasukkan ke dalam botol
- memilah-milah jarak yang sesuai untuk tiap-tiap pasangan
dan tak lupa mengeksplorasi tiap-tiap benda yang ditemukannya. Dalam kegiatan seperti ini, orang tua seharusnya memang memberikan waktu sebanyak-banyaknya bagi balita untuk menyelesaikan 'tugas'nya dan biarkan ia berimajinasi dengan benda-benda yang ditemukannya. 
Saya nggak menyangka Neo akan mengerjakan aktivitas ini dengan serius dan sungguh-sungguh menyelesaikannya! :) I'm one happy mama.

Neo berpose setelah selesai merapikan barang-barangnya kembali ke dalam keranjang ;)

No comments:

Post a Comment