Saturday, September 14, 2013

Prasekolah: Latihan Menggunting

Satu penyesalan saya adalah dulu waktu Arvin, sang kakak masih kecil, masih seumuran Neo, saya paling anti lihat dia pegang2 gunting Dan 'benda tajam' lainnya. Ketakutan saya yang berlebihan merugikan bagi Arvin, karena akibatnya karena hampir tidak pernah dibiarkan menggunting, kecakapan mengguntingnya memang jadi kurang bagus.

Berangkat dari kebodohan saya di masa lalu yang belum banyak membaca Dan belum banyak menambah wawasan di bidang perkembangan anak usia dini, saya bertekad untuk mengekspos Neo kepada apapun selama masih dalam lingkup pengawasan saya.

Kemampuan menggunting (melakukan gerakan buka-tutup gunting, mengarahkan pisau gunting dll) merupakan latihan motorik halus yang hebat! Anak juga merasa puas karena bisa memakai suatu benda yang kebanyakan hanya dipakai orang dewasa. Keahlian menggunting juga sangat berguna dalam pendidikan anak selanjutnya di TK maupun SD.

Bahan yang digunakan:
- Gunting khusus anak
- Kertas karton yang sudah diberi garis2 panduan menggunting

Untuk latihan awal, fokusnya adalah membiasakan anak memakai gunting Dan menempatkan gunting di tangan serta menggerakannya. Jadi sebaiknya panduan menggunting berupa garis lurus dulu. Seiring kematangan otot motorik halusnya berikut dengan keahlian menggunting, panduannya bisa ditambah tingkat kesulitannya, seperti garisbzig zag, garis lengkung, garis melingkar dan seterusnya.

No comments:

Post a Comment