Tuesday, September 17, 2013

Prasekolah: DIY Sand Tray untuk latihan menulis

Latihan menulis merupakan salah satu kegiatan prasekolah yang sangat penting dan seringkali sangat ditekankan di berbagai kurikulum prasekolah. Begitu banyak worksheet gratis di web yang bisa kita dapatkan dengan mudah untuk latihan menulis bagi anak2 usia prasekolah.
Saya pribadi juga mencoba memberikan beberapa worksheet kepada Neo untuk latihan menulisnya, kadang ia bersemangat mengerjakannya, lain kali tidak begitu. Mengerjakan worksheet berulang-ulang tentunya membosankan bagi anak, jadi perlu dipikirkan berbagai cara lain untuk latihan menulis selain dengan kertas dan pensil/krayon.
Sand tray adalah salah satu ide yang saya lihat ada pada pendekatan Montessori. Tujuannya memberikan simulasi sensoris saat anak belajar membentuk huruf/angka/bentuk sehingga bisa memaksimalkan ingatannya. Sangat penting bagi anak untuk memahami urutan yang benar saat membentuk huruf/angka untuk membantu meningkatkan keahlian menulisnya ke depannya. 

Bahan yang digunakan:
- Wadah Tupperware lama yg sudah jarang dipakai (dipilih karena ada tutupnya, menghindari pasir/garam tumpah kemana-mana)
- Garam meja halus yang diwarnai dengan pewarna makanan (saya memamkai garam karena tidak memiliki pasir, jika bunda memiliki pasir yang bersih, gunakan saja pasir)
- kertas perak sebagai alas (opsional, hanya agar terlihat menarik bagi anak)


Begitu mudah dibuat dan disusun tidak sampai 1/2 jam. Hanya perlu sedikit mengukur agar kertas perak pas di dalam wadah dan mencoba-coba jumlah garam yang terbaik untuk ditaruh di dalam wadah agar tidak terlalu banyak tapi juga tidak terlalu sedikit untuk menampilkan tulisan dengan baik. 
Percobaan dengan Neo, dia suka sekali menulis dengan Sand Tray nya, bahkan ia pun menggambar dan memainkan garam di dalam wadah :-D


Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...