Monday, February 27, 2012

Kotak Merah untuk Neo

Neo suka sekali dengan warna. Dengan bangga ia menunjukkan bahwa ia  bisa mengenali warna-warna pada berbagai benda. Dalam keseharian kita, kita terpapar pada banyak warna sekaligus, untuk memberikan pengalaman berbeda untuk Neo, saya pun mengumpulkan beberapa benda berwarna sama (merah) di sekitar rumah untuk dimasukkan ke dalam Kotak Merah untuk Neo. Tujuannya supaya ia mendapat pengalaman sensoris yang berbeda dari yang biasa, yaitu mengamati dan mengeskplorasi berbagai benda dalam 1 warna yang sama.


Benda-benda yang di dalamnya antara lain:
- baju merah polos berbahan sangat lembut milik saya
- kertas
- mobil-mobilan
- beads kayu
- sedotan plastik
- foam blocks
- tali sutra
- tali plastik
- pipe cleaner
- wadah yoghurt bekas
- bola plastik
- jepit pakaian
- cetakan play dough
- panci mainan
- pony beads
- tutup botol
- botol
- gantungan kuci
- mega blocks
- link-um discs
Saya juga menambahkan 2 potong kertas bertuliskan "Red" dan "Merah" pada kotak saat diberikan pada Neo.
Tanpa ragu, Neo langsung membongkar-bongkar dengan semangat isi kotak merahnya.  Senyum senang pun menghiasi wajahnya. 

Dengan serius memperhatikan gantungan kunci berbentuk lumba-lumba sambil mendengarkan penjelasan dari mama setelah menanyakan "Ini pain ma?" (baca: ini ngapain ma? yang artinya sama dengan ini apa ma?, red.). 

Menemukan si baju lembut, menyentuhnya dan menempelkannya ke pipi. Pengalaman sensorik yang menyenangkan!
"Ini red truck, mama!"

Suka sekali saat menemukan sedotan plastik, ia meniup, menggigit, pura-pura minum, pura-pura bermain suling dan sebagainya. Cukup lama waktu ia habiskan bersama si sedotan. Menarik bahwa seorang balita pun mengerti kalau sebuah benda sederhana dapat diinterpretasikan dalam banyak cara. 

Saya suka sekali melihat bagaimana pikiran si kecil bekerja tanpa instruksi dan bagaimana ia 'sibuk' mengeksplorasi, menyentuh, melihat, membaui, menyicip/menggigit, memperhatikan, melempar, mengangkat, menyusun benda-benda itu sesukanya. Memang kesempatan untuk bereksplorasi dengan sensory tub adalah salah satu kegiatan yang penting dan sangat menyenangkan untuk balita. 

"Ini pake topi" ujarnya saat menemukan sebuah topi kecil dari plastik dan menaruhnya di kepala. "Ini buat makan" katanya sambil menyuapkan sendok plastik ke mulutnya. Si batita 'pamer' pemahamannya akan fungsi benda-benda kepada mama :)

Senang sekali waktu mama membuatkan dan memasangkan kalung dari tali dan cetakan play dough untuknya. Selalu ada tempat untuk permainan dress-up ;)

Akhirnya, setelah bosan membongkar seluruh isi kotak, ia pun memilih beberapa barang dan membawanya ke atas tempat tidur dan mulai menyusun sebuah tempat pencucian mobil. 
Mobil-mobilannya ditaruh atas tiang hidrolik untuk dicuci dan disemprot menggunakan si sedotan plastik! Yay for imaginative play!

** catatan:
Melihat reaksi Neo yang positif (baca: tertarik untuk mengeksplorasi obyek-obyek di dalam kotak, perhatiannya tersita sampai lebih dari 5 menit) terhadap si kotak merah, saya berencana untuk membuatkan lagi baginya dalam warna-warna yang lain. 
Tidak semua benda disentuh dan dipilih Neo, hanya benda-benda tertentu yang diminatinya saja. Ada baiknya menaruh benda-benda yang sama sekali baru/tidak pernah dilihat oleh anak sebelumnya. 
Semakin sebuah benda dapat di manipulasi, semakin menarik untuk balita. 


Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...