Wednesday, February 01, 2012

Homemade puzzle dari stik es krim


Arvin sedang suka-sukanya mengerjakan puzzle, saya pun suka sekali melihatnya berkonsentrasi  dalam menyelesaikan puzzlenya. Untuk menambah koleksi puzzlenya dan sebagai permainan ringan yang bisa dimainkan di waktu senggang, saya pun membuatkan puzzle dari stik es krim untuknya kemarin. 
Gambar-gambarnya diambil dari majalah aktivitas lama milik Arvin dan dipilih gambar yang ukurannya bisa disesuaikan dengan panjang stik es krim dan familiar untuk Arvin, yaitu karakter film kartun. 

Bahan-bahan:
- 1 bungkus stik kreasi
- lem PVA (glue stick juga bisa)
- cotton bud untuk membubuhkan lem (opsional)
- cutter
- alat tulis (opsional - untuk menandai gambar)


Cara membuat:
1. Potong gambar sesuai dengan ukuran stik kreasi, terutama panjangnya, karena lebarnya tinggal disesuaikan dengan jumlah stik yang dimiliki.
2. Tempelkan stik mulai dari ujung gambar dengan menggunakan lem PVA yang diratakan dengan cotton bud. Jangan lupa memberi jarak kurang lebih 1 mm untuk memotong gambar nantinya (jika terlalu rapat menempelkan stik akan susah dipotong nantinya).
3. Setelah lem kering, potong-potong gambar melalui celah-celah pada stik.



 Berikut 2 buah puzzle yang saya buat untuk Arvin:

The Lion King puzzle

Cars puzzle

Setelah diberikan ke Arvin, ternyata saya memilih gambar yang kelewat mudah untuk si anak SD! hihi nggak apa-apalah, hitung-hitung buat pengusir bosan. Mungkin saya akan membuat lagi dengan gambar yang lebih abstrak dan rumit supaya lebih menantang. Yang ini saya simpan saja deh buat Neo nanti :)

No comments:

Post a Comment