Thursday, February 23, 2012

Felt Button Snake untuk latihan motorik halus



Salah satu aktivitas motorik halus yang menantang bagi batita adalah memasang kancing (buttoning), karena itu saya ingin mulai melatih Neo melakukannya. Setelah mencari-cari ide latihan buttoning yang menyenangkan, saya pun menemukan ide tentang button snake ini. 

Bahan-bahan:
- kain felt aneka warna (saya hanya ada 4 warna)
- pita sutra 20-30 cm (lebarnya sama dengan ukuran kancing)
- kancing ukuran besar
- gunting
- benang 
- jarum

Cara membuat:
1. Potong-potong kain felt menjadi bagian-bagian kecil, saya memilih bentuk yang termudah yaitu persegi empat. Tapi bila ingin lebih kreatif, bisa dengan membuat bentuk-bentuk geometri agar bisa sekalian digunakan untuk belajar bentuk (segitiga, lingkaran, pentagon dsb).


2. Jahitkan kancing pada masing-masing ujung pita.
3. Guntinglah lubang kancing pada tiap lembaran kain felt yang sudah dipotong-potong tadi.
4. Jadi deh! siap digunakan untuk berlatih memasangkan kancing ;)
 

kakak Arvin bantu nyobain si Felt button Snake sebelum dikasih ke Neo

Contohkan cara memasangkan kancing ke anak, lalu minta dia  mengikutinya

Arvin sukses menyelesaikan ularnya. 

Neo semangat banget saat inisiasi awal dengan 'mainan baru'nya dan setelah dicontohkan, tak ragu mencoba  untuk segera juga. Saking konsentrasinya, lidahnya pun ikutan 'mikir'.. hehe

Supaya lebih mantap, neo pun memutuskan untuk melakukannya sambil berdiri (ngaruh nggak sih?? hehe). Setelah berhasil memasukkan 3-4 lembar felt dalam waktu yang cukup LAMA, ia pun  akhirnya menyerah dan kehilangan minat.

Saya memang nggak ada harapan yang muluk untuk Neo bisa langsung menguasai kegiatan ini, ini hanya inisiasi awal dan bersifat pengenalan saja. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, saya akan mempresntasikan kembali latihan ini kepada Neo, sampai kematangan fisik dan otot-otot motorik halusnya berkembang. 




No comments:

Post a Comment