Monday, December 12, 2011

Homemade toy: I Spy Bottles untuk balita dan anak sekolah


Penuh dengan pernak-pernik kecil aneka warna
Ada banyak sekali ide cemerlang yang saya temukan dalam berbagai artikel dan blog tentang anak di internet. Diantaranya adalah I Spy Bottles yang saya pikir sangat mudah, murah dan asyik untuk dibuat -apalagi dimainkan! ;) sebagai seorang pengumpul botol bekas (hehe) saya pun langsung merealisasikan ide ini.
Manfaat dari permainan I Spy ini sendiri sangat banyak, bisa digunakan sebagai pengenalan konsep warna, angka, huruf, bentuk dsb. Bisa melatih ketelitian, konsentrasi, merangsang indera penglihatan, sentuh, pendengaran  atau sekedar sebagai penghilang bosan. 
Inti pembuatan I Spy Bottle ini sebenarnya sangat simpel, pertama-tama tentukan apa isian/filler yang ingin kita pakai. Pilihannya adalah beras, biji-bijian kering, pasta, gula, garam, pasir, makanan burung/hamster dll. Lalu sediakan botol kosong yang bersih dan kering, dan yang terakhir yang paling penting, tentukan obyek2 kecil apa yang akan kita masukkan ke dalam botol. 
Saya membuat 2 jenis botol, yang satu untuk si balita Neo dan untuk kakaknya (yang ikutan seru waktu melihat neo sedang memainkan I Spy Bottle-nya).

Untuk si balita:
Beras adalah isian yang saya pilih

Neo semangat banget waktu pertama kali saya beri I spy bottle ini. Reaksi awalnya adalah mengira botol ini adalah salah satu shakers-nya yang baru. Setelah dia puas membuat bunyi-bunyian dengan si botol, baru saya arahkan untuk melihat isi botol dan mengatakan bahwa ada benda-benda kecil di dalamnya. Mukanya langsung berubah serius dan konsentrasi. Di foto di atas, Neo sedang menunjukkan "ikan oranye/orange fish" yang saya minta padanya. Dalam hitungan detik, si 19 bulan ini sudah paham inti permainannya dan asyik memutar-mutar botol untuk mencari tahu apa saja yang ada di dalamnya! mainan ini juga sangat menyenangkan untuk balita, karena mereka mendapatkan kebanggaan dan rasa percaya diri saat berhasil menunjukkan benda yang dimaksud :D 
Benda-benda kecil di dalam botol untuk Neo adalah:
- Ikan mainan kecil 3 warna
- ban mobil-mobilan yang sudah copot
- klip kertas
- uang koin
- pion papan permainan
- kancing
- pita
- manik-manik berbentuk bunga dan bintang
- sehelai pita sutra
- lucky stars 3 warna
- kelereng 3 warna
- sendok es krim
- dadu
- sedotan plastik yang dipotong pendek-pendek
- googly eyes

Pastikan balita anda sudah mengenal benda-benda ini, artinya dia tahu nama benda-benda di dalam botol, sehingga memudahkannya untuk mencari dan memahami instruksi. Ide lain yang sangat bagus adalah dengan mengambil foto dari tiap-tiap benda yang dimasukkan dalam botol sebelumnya, jadi anak bisa mencari berdasarkan gambar pada foto benda-benda tersebut. 

Oh ya, selain di dalam botol di atas, saya membuatkan 1 lagi untuk Neo di botol bulat bertutup kuning, untuk variasi bentuk botol dan eksperimen dengan bentuk botol mana yang paling ideal dipakai. 
Rencananya, saya akan meningkatkan kesulitan seiring bertambahnya usia Neo. Misalnya dengan mewarnai beras dengan 1 warna dan memasukkan benda-benda dengan warna yang sama dengan beras, sehingga membutuhkan ketelitian yang lebih tinggi, atau saat sudah mulai mengajari huruf dan angka, saya juga akan membuatkan I Spy Bottle bertema sama.

**update:
Masih dalam tema belajar warna dan dalam rangka memanfaatkan kumpulan lucky stars mama yang berjibun, saya membuatkan I Spy bottle khusus untuk Neo belajar warna:


Warna yang tersedia di dalam botol:
- merah
- kuning
- hijau
- oranye
- biru
- pink
- putih
- perak
- emas
- ungu & pink metalik

 Masukkan sedikit demi sedikit bergantian antara beras dan bintang

 Setelah selesai jangan lupa putar-putar botol agar bercampur dengan baik

Untuk si usia sekolah: 


Berhubung si kakak juga suka memainkan botol milik Neo, maka saya pun membuatkan juga untuknya. Saya mendapatkan si botol cantik berwarna ungu ini dari kakakku tercinta, karena warna dan bentuknya yang cantik, saya pun bela-belain mewarnai berasnya agar matching! hehe. Setelah dipikir-pikir, untuk menemukan obyek 3 dimensi nampaknya super mudah buat si 6 tahun, jadi saya pun membuatkan I Spy Bottle berisi potongan-potongan kata, dalam hal ini nama-nama dinosaurus untuk tiap huruf dalam alfabet, yang merupakan hal paling keren di muka bumi ini, bagi Arvin. 


Tiap nama/kata dituliskan di selembar kertas karton (harus tebal karena jangan samapi melengkung atau terlipat di dalam botol). Jangan lupa menuliskannya bolak-balik pada kedua sisi karton. potong-potong nama-nama dan masukkan ke dalam botol bersamaan dengan beras. Untuk I Spy Bottle yang jenis ini, jangan lupa untuk membuat catatan daftar nama/kata yang ada di dalam botol, sebab akan berfungsi sebagai check list saat anak mencari kata. 


Hasilnya? Arvin suka banget! dengan semangat ia memainkan botolnya sepulang dari sekolah. Untuk Arvin tentunya saya berencana untuk terus mengubah-ubah isi botolnya, disesuaikan dengan minatnya, tingkat kesulitan dan sebagainya. Saya bahkan sudah memikirkan untuk untuk membuat I Spy Bottle matematika! ;) 

Putar terus sampai dapat! ;D
Semangat mendandai nama-nama yang sudah ditemukan
** catatan:
- Pastikan mengisi botol hanya sampai 3/4 penuh saja, agar isinya mudah bergerak sehingga dapat dimainkan dengan baik.  


No comments:

Post a Comment