Wednesday, November 30, 2011

Homemade Toy: Magnetic Funny Faces

Ide mainan daur ulang dari mainan magnetik dan tutup kaleng yang sudah nggak terpakai
Saat sedang bongkar-bongkar barang di gudang, saya menemukan sebuah mainan catur magnetis yang pion-pionnya sudah nggak lengkap lagi. Saya pikir-pikir, bagusnya diapain ya, kok sepertinya dibuang sayang... yang ini nih barangnya:
mainan catur nggak terpakai
Saya juga punya banyak tutup kaleng biskuit kesayangan yang 'nganggur' karena kalengnya sudah dipakai untuk keperluan yang lain. Saya selalu menanti-nantikan kapan kiranya benda-benda bulat mengkilat ini akan saya manfaatkan, sudah terpikir sih untuk sesuatu yang menggunakan magnet, tapi karena saya tidak punya magnet di tangan dan tidak pernah sempat membelinya di toko favorit, jadinya belum juga terealisasi. 
Hal pertama yang saya lakukan adalah melepaskan magnet-magnet imut dari bawah pion catur. Saya pikir saya butuh magnetnya dan tidak pionnya (tapi si pion-pion malang tentunya tidak dibuang, siapa tahu bisa digunakan untuk ide yang lain -- jangan heran, saya emang kadang sedikit merasa kayak pemulung! hehe). Susah juga ternyata untuk melepaskan para magnet dari pion, jari saya sampai terluka karena dengan bodohnya mencoba mencongkel menggunakan peniti! (jangan ditiru). Akhirnya setelah beberapa kali percobaan, cara termudah adalah dengan memukul pion yang diletakkan miring di lantai dengan keras (misalnya dengan palu). langsung deh magnetnya pada loncat, gampang dan cepat!   
Ide sederhana ini terinspirasi dari mainan-mainan seperti Mr. Potato Head dan sejenisnya, saya melihat begitu banyak mainan face maker seperti ini tapi umumnya dibuat dari bahan felt. Saya pikir dengan magnet ada kelebihan tersendiri karena bagiannya dapat menempel baik sehingga tidak mudah hilang. Lagipula inti dari mainan-mainan yang saya buat kan untuk memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di sekitar rumah saja (sebisa mungkin tidak membeli lagi). 

Bahan-bahan: 
- Tutup wadah kaleng atau bisa juga dimainkan di white board/kulkas
- magnet
- kertas warna
- spidol
- gunting
- lem (yang cukup kuat untuk menempelkan magnet)

Cara membuat:
1. Gambarkan berbagai bentuk bagian wajah yang lucu seperti mata, alis, hidung, mulut, kumis pada kertas warna-warni sesuka hati. 
2. Potonglah gambar-gambar tersebut, hiasi dengan spidol jika perlu. 
3. Tempelkan magnet-magnet pada setiap bagiannya.
4. Hiasi/lapisi tutup kaleng dengan kertas warna di satu sisi agar lebih menarik. 
5. Jadi deh! hasilnya seperti ini:
Semakin banyak variasi wajahnya, semakin bagus ;)



Sebenarnya mainan ini saya bikin buat si kakak sebagai mainan anti-bosan atau kalau berpergian, tapi sebelum si kakak pulang sekolah, Neo lebih dulu melihatnya di atas meja dan memutuskan untuk duluan 'nyicipin' si mainan baru. Lucunya, di awal main dia nggak ngeh kalau bentuk-bentuk yang lengket di atas kaleng itu maksudnya wajah ;p setelah saya sebutkan "Ini matanya, ini mulutnya.." barulah dia ngeh dan tersenyum-senyum geli. Bagi si balita, mainan ini lebih kepada asyiknya melepas dan menempel bentuk ke kaleng, belum pada susunan wajahnya. Nggak nyangka juga Neo turut seneng maininnya! :) Mungkin tipsnya kalau untuk balita, buat lagi satu set wajah yang normal (bukan muka konyol) sekalian untuk belajar mengenal anggota tubuh juga. 

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...