Saturday, November 26, 2011

10 Hal kecil yang mama syukuri

Dalam hidup seorang mama, hal-hal kecil dan sederhana sekalipun bisa menjadi sangat penting dan manis. Semuanya spesial dan pantas disyukuri. Penting sekali untuk tetap berada dalam kerangka pikiran 'bersyukur'. Kalau kita lihat lebih jauh, ada banyak sekali hal-hal yang dapat kita syukuri, mulai dari yang sifatnya besar dan mendalam, hinggal hal-hal yang sangat ringan dan kecil.
Berikut beberapa hal kecil dan sederhana yang saya sangat syukuri:

1. Teh.
Betapa sederhana ketenangan dan kehangatan yang bisa diberikan secangkir teh kapan pun saya butuhkan sepanjang hari. Pagi hari setelah bangun- menemaniku membuka mata dan hati untuk hari yang baru, di siang hari untuk menenangkan si lidah setelah menikmati menu makan siang yang pedas, di malam hari, untuk menutup hari, sambil menyusun rencana untuk esok hari sembari memandangi permata-permata kecilku yang tertidur dengan pulasnya.

2. Boo-boo Kiss Arvin & Neo
Kenyataan bahwa Neo selalu merasa sembuh dan jauh lebih baik setelah Arvin mencium bagian yang sakit pada tubuhnya. Tiap benturan, lecet, luka pun tidak terasa sakit lagi. Hanyalah salah satu dari sekian banyak bentuk kasih sayang antara Arvin dan Neo yang saya syukuri bisa saya saksikan setiap kalinya. I'm one happy mama.

3. Pinterest.
Wow, nggak nyangka bisa segitu sukanya pada Pinterest. Keseharian mama yang padat dengan urusan anak-anak yang cukup melelahkan, telah memangkas waktuku untuk sekedar menonton, membaca majalah atau membaca buku. Dengan 1 klik ke halaman pinterest-ku, jutaan inspirasi menyerbu mata lelah ini. Memberi ide, hiburan, kebijaksanaan atau sekedar tawa segar yang sudah semakin jarang terdengar.

4. Anak sekolah yang semakin mandiri.
Tahun ini Arvin mencapai milestone penting dalam hidupnya, yaitu mendeklarasikan bahwa ia bisa bertanggungjawab atas kebersihan dirinya sendiri, alias mandi dan membersihkan diri sendiri di toilet tanpa bantuan mama. Saya bersyukur atas kemandiriannya yang kian tumbuh setiap hari dan satu lagi 'tugas' mama yang semakin berkurang. Betapa hidup mama menjadi lebih mudah sekarang... you have no idea.

5. Messenger lintas sistem operasi.
Canggihnya teknologi kini memungkinkan adanya messenger lintas sistem operasi, sehingga semua pemakai layanan mobile bisa saling terhubung, berkomunikasi, tanpa harus membeli/memiliki handset/handphone yang sejenis. How convinient! Kapan pun, dimana pun, untuk bisa terhubung dengan seluruh anggota keluarga, mengetahui apa yang terjadi dengan mereka, berbagi media bersama-sama, tak ternilai senangnya! :)

6. Cbeebies channel.
Ya, sebuah channel tv kabel. Mungkin aneh kenapa harus secara spesifik menyebutkan namanya, tapi untuk setiap inspirasi kreatif yang diberikan Mister Maker pada kreasi art & craft kami, setiap tetes keringat, kalori yang terbakar dan tawa renyah saat Arvin, Neo dan mama berjoget bersama Boogie Beebies, tiap senyuman dan gelak tawa Neo saat melihat tingkah Teletubbies, Show me Show me dan Karakter-karakter dalam In The Night Garden, untuk setiap cerita yang manis, imanjinasi dan pelajaran tentang kasih sayang kakak beradik yang kami dapat dari Charlie and Lola, setiap menu asyik yang dimasak di I Can Cook dan pengetahuan mekanis yang seru dari Nina and The Neurons,.. Ya, saya sangat bersyukur.

7. Musim hujan.
Meskipun banyak yang tidak menyambut gembira si musim hujan yang turut menyebabkan banjir di berbagai tempat, tidak menghalangi saya untuk menyukainya. Selamat tinggal panas terik yang tak tertahankan, selamat tinggal biang keringat yang selalu mengganggu Neo, selamat tinggal rasa lemas setiap siang karena kepanasan, selamat tinggal tanaman dan pohon-pohon yang kering dan layu karena kurang air, selamat tinggal debu-debu yang memancing alergi kami,... Selamat datang hujan yang menyegarkan! Lagipula, saya paling suka bau hujan! ;)

8. Charlie - ikan peliharaan kami.
Acara memberi makan Charlie adalah favorit Arvin dan Neo (dan mama!), sehingga sering membuat rebutan siapa yang mau memberi makan Charlie. Arvin yang suka curi-curi kesempatan untuk memberi makan Charlie lagi dan lagi dan ketakutan mama jangan sampai Charlie mati karena overfed, Neo yang jadi semakin lancar memanjat kursi dan meja karena ingin melihat Charlie yang ditempatkan di atas rak lemari belajar, dan keindahan warna biru dan sirip halfmoon-nya yang setia menemani di malam-malam tanpa tidur mama. Keramahannya yang suka memandang balik setiap kali kami memandanginya dari balik kaca, kegemarannya pamer sirip saat sedang senang dan kerajinannya membuat 'pulau' bubble nest yang indah setiap hari,.. We love you Charlie!

9. Headphones.
Mama tentu akan terganggu kewarasannya kalau harus mendengarkan setiap kali Arvin bermain game di komputer ataupun handphone. Setiap bunyi berbagai jenis Dinosaurus mulai dari yang seram, aneh, hingga konyol yang didengarkan Arvin tiap hari. Juga atas menurunnya tingkat terbangunnya Neo dari tidur karena terganggu oleh bunyi-bunyian dari game/video/lagu kakak Arvin. Untuk kebebasan bagi Arvin untuk mendengarkan apa saja yang dia mau, kapanpun dimana pun dan kebutuhan mama akan ketenangan dan keheningan yang terpenuhi: terima kasih.

10. Mainan mobil-mobilan.
Dengan 2 anak laki-laki yang super aktif di rumah, jarang tidur dan gampang bosan, satu-satunya mainan yang tetap seru dimainkan dan telah melewati ujian waktu bertahun-tahun lamanya, adalah mobil-mobilan. Lagipula dengan jarak usia Arvin dan Neo yang terpaut 5 tahun, selain gelitik seru, main bola, cilukba ekstrim dan kejar-kejaran, agak sulit mencari permainan yang bisa dinikmati keduanya sekaligus. Terima kasih mobil-mobil kecil untuk hari-hari yang seru bagi anak-anakku, baik itu di meja makan, di meja ruang tamu, di lantai, di tempat tidur, di buffet ataupun di kaki dan punggung mama.

Apa hal-hal kecil yang anda syukuri?
Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...