Saturday, October 22, 2011

Homemade Toy: Discovery Bottle

Sama seperti posting sebelumnya tentang sensory bottle, kali ini benda-benda di dalam botol yang jadi pusat perhatiannya. Disebut Discovery bottle, karena sambil menggerakkan dan memutar botol, anak belajar menemukan dan mengenali benda yang ada di dalam botol. Ini merupakan media belajar yang bagus banget untuk balita yang masih menambah perbendaharaan kata-katanya. Lagipula mainan ini memberikan efek menenangkan hanya dengan memandanginya saja kok. 

Bahan-bahan:
- Botol plastik bekas
- air bersih
- lem waterproof
- Segala macam benda-benda kecil dan pernak-pernik yang ada di rumah dan bisa muat di dalam botol! ;) Adapun benda-benda yang kami masukkan ke dalam botol adalah kancing, koin, manik-manik bentuk bunga dan bintang, bola, kelereng, glitter, confetti, pita sutra, pita transparan, tumbuhan plastik, googly eyes, sedotan plastik warna-warni yang dipotong-potong, orang-orangan board games dan seterusnya. Sungguh nggak ada batasannya, kecuali benda yang tidak tahan air tentunya seperti kertas dan besi. 

Cara membuat:
1. Masukkan semua pernak-pernik dan benda-benda kecil ke dalam botol yang sudah dibersihkan. 
2. Perlahan tuangkan air ke dalam botol, hati-hati jangan sampai terlalu penuh karena benda-benda ringan seperti manik-manik dan confetti akan meluap keluar. 
3. Agar aman dan tahan bocor, beri lem pada ulir botol atau tutup botol. 



Seperti biasa, para krucil sangat senang dan penuh semangat bereksperimen dengan 'mainan baru' mereka. Discovery bottle ini terutama saya tujukan untuk Neo sebagai alat belajar menamai benda dan juga mengenal warnanya. Bahkan Arvin yang sudah pernah punya sensory bottle sebelumnya (waktu masih seumuran Neo) pun ikutan seru juga memainkan si botol cantik. 


Eh, tapi bukan berarti nggak ada poin pembelajaran buat si anak usia sekolah lho,.. Discovery bottle ini dapat digunakan untuk memicu diskusi kenapa ada benda yang tenggelam di dasar botol dan kenapa ada yang mengapung di atas. Apa alasannya? begitu juga dengan benda yang bergerak cepat di dalam air dan yang geraknya lambat. Apa penyebabnya? Selalu ada cara lho untuk menemukan teachable moments!



Tertarik untuk membuatnya? selamat mencoba!

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...