Thursday, October 20, 2011

Homemade Toy: Pipe Cleaner Buddies

Meet our pipe cleaner buddies a.k.a boogie buddies!
Salah satu bahan kerajinan yang paling mudah dibentuk dan dikreasikan adalah pipe cleaner (kawat berbulu), di toko-toko bahan kerajinan, disebut bulu mercy (nggak tau juga kenapa..).
Saat lagi santai dan nggak ada kerjaan yang berat, asyik banget dipakai buat bikin para manusia pipe cleaner ini. Bisa dimainkan dengan apa saja, Arvin sudah memainkan mereka bersama kereta-kereta api, rumah-rumahan, mobil-mobilan, bahkan sebagai puppet saat sedang bercerita. Bentuknya yang super simpel dan ukurannya yang lumayan kecil, membuatnya gampang dibawa-bawa. Sifatnya yang fleksibel, membuatnya jadi mainan yang juara! Bisa duduk, berdiri, berpose dan sebagainya. Jika punya pipe cleaner di rumah, nggak ada alasan untuk nggak membuatnya. Total waktu pembuatan paling lama 15 menit, kalau bisa kerja ngebut pasti bisa lebih cepat. Caranya super gampang! (Peringatan: membuat pipe cleaner buddies bisa jadi adiktif lho,..alias susah berhenti, kecuali bahannya habis! hehehe)

Bahan-bahan:
- pipe cleaner (untuk 1 boneka pakai 3 buah)
- mata plastik/googly eyes
- kertas warna
- manik-manik kayu (optional)
- lem
- benang sulam








Cara membuat:
1. Lipat 1 buah pipe cleaner tepat di tengahnya. Jika ingin memberi rambut, selipkan beberapa helai benang sulam di sudut lipatan, kemudian putar/pelintir sudut tersebut sehingga rambutnya aman/tidak mudah terlepas (pada boneka yang cowok, pemberian rambutnya belakangan, setelah boneka selesai dibuat). Lalu bentuklah lingkaran dengan bantuan jari, untuk membentuk rangka kepala boneka. Lilitkan pipe cleaner lain pada lingkaran rangka wajah boneka hingga penuh dan membentuk wajah boneka. 
2. Pelintir/putar 1 buah pipe cleaner lagi pada sebatang pensil sehingga membentuk spiral, lalu masukkan ke dalam pipe cleaner pertama yang sudah dilipat dan diberi rambut tadi sampai ke bagian bawah dagu. Spiral ini digunakan sebagai bagian torso dari boneka. 
3. Potong lagi sebuah pipe cleaner untuk digunakan sebagai tangan, panjangnya dikira-kira saja. Lalu pasang bagian tengah bagian yang dipotong itu ke bagian leher boneka, pelintir supaya mantap dan terkunci. Jika ingin, masukkan manik kayu pada ujung-ujung tangan agar lebih menarik. 
4. Terakhir, pisahkan bagian bawah pipe cleaner awal, mulai di bagian bawah torso, sehingga membentuk kedua kaki. Dengan menggunakan jari, buat lagi lingkaran sebagai telapak kaki boneka agar boneka bisa berdiri. 
5. Setelah boneka jadi, tempelkan mata plastik dan mulut yang terbuat dari kertas warna pada bagian wajah boneka. 

Selamat mencoba ya... :)

**Sumber ide: FamilyFun.com
Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...