Tuesday, October 25, 2011

Homemade Toy: Itty Bitty Teenie Weenie Dollhouse


Ini adalah proyek crafting spontan gara-gara nemuin kotak kosong pembungkus si hape butut. Seperti biasa, idenya muncul berawal dari suatu frase yang begitu melekat pada diri saya: "Dibuang sayang" ;^p jadi langsung dipikirkan, apa ya yang bisa dibuat dari kotak mungil, hitam tapi kuat ini (bahannya tebal dan gak gampang penyok). Bagian dalamnya halus dan ada busa tipis yang cocok banget dipakai jadi 'karpet' rumah.  Maka, dengan berbagai pertimbangan tersebut, disusunlah si rumah-rumahan mini ini. Bahan-bahan pembuatannya atau lebih tepat disebut, penyusunannya, semua tersedia di rumah, jadi saya pikir kenapa nggak?

Mari kita berkreasi! 
Bahan-bahan:
- balok-balok kayu mainan
- kotak pembungkus handphone
- orang-orangan/boneka
- tutup botol bekas
- kertas warna
- lem/double tape

Cara membuat:
1. Bentuk berbagai furnitur rumah menggunakan balok kayu mainan, tempelkan dengan lem (permanen) atau double tape (cukup kuat, tapi juga mudah dilepas). Penggunaan balok kayu mainan ini pas banget, soalnya warna-warni, kontras dengan si kotak yang hitam polos. 
2. Buat hiasan dengan menggunakan kertas warna (contoh pada TV set, lemari) atau bisa menggunakan bahan apa saja yang dimiliki.
3. Gunakan tutup botol bekas sebagai pot bunga (gunakan apa sajalah, namanya juga kreasi sendiri kok!), tutup botol parfum sebagai bak mandi dan sebagainya (intinya bahan yang dipakai nggak dibeli alias sudah ada di rumah). 
4. Susun perabot didalam kotak.
5. Kalau punya waktu lebih, bisa dihias agar jadi jauh lebih bagus.

Saya suka craft ini karena bisa dengan mudah dirapikan dan juga bisa dibawa-bawa. Tinggal disusun isinya dengan rapi di dalam kotak, kelar deh. Karena penempatan perabotnya juga nggak permanen, jadi bisa dirubah sesuka hati anak. 

Semoga menginspirasi dan selamat mencoba!



Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...