Wednesday, August 17, 2011

Tips Menyiapkan Anak Ke Sekolah Di Pagi Hari Tanpa Masalah


Sejak Arvin mulai masuk ke sekolah formal (TK-SD), rutinitas pagi saya tidak pernah sama lagi.
Bagi saya yang nggak punya 'asisten' di rumah, menyiapkan segala keperluan anak sekolah mulai dari seragam, buku-buku, tugas dan PR, sarapan sampai bekal makan anak harus dipikirkan dan disiapkan sendiri. Termasuk di dalamnya bangunin anak dan menyiapkannya untuk mandi dan berpakaian. Hal ini nggak mudah lho,.. (para mama pasti semua bisa mengangguk setuju)
Walau sering dianggap biasa, tapi kita semua tahu mengawali hari dengan baik akan menciptakan kelanjutan hari yang baik pula. jadi, sebisa mungkin, hindari buru-buru dan kepanikan yang tidak perlu di pagi hari.


Berikut ini tips pagi yang lancar di hari-hari sekolah.

1. Selalu bangun, minimal 1,5jam sebelum jam berangkat anak (bukan jam masuk sekolah lho). Dengan banyaknya waktu yang tersisa, anda sempat menyiapkan sarapan yang ribet sekalipun. Dan kecuali anda tergolong 'mama sakti' yang selalu bangun di jam yang persis sama tiap pagi, sebaiknya gunakan 'jasa' alarm, bila anda menggunakan handphone, aktifkan juga opsi snooze-nya (just in case ketiduran lagi.. Hehe) Cara terbaik untuk tidak ketiduran lagi adalah langsung bangun, berdiri, keluar kamar, menjauh segera dari kasur dan bantal. Terapkan juga cara ini pada anak yang sudah bangun/dibangunkan.

2. Siapkan seragam sekolah pada malam sebelumnya.
Nggak peduli sengantuk dan selelah apapun anda, jangan pernah menunda menyetrika/merapikan atau mencari baju seragam anak hingga besok hari. Percayalah! Selalu ada kemungkinan seperti anda bangun kesiangan, listrik padam, kendaraan mogok dan sebagainya. Oh ya, seragam ini termasuk juga kaos kaki, tali pinggang, topi dasi dan sejenisnya yang lebih bikin senewen lagi kalo nyelip di pagi hari.

3. Susun tugas, PR dan buku-buku pelajaran maksimal setelah makan malam.
Lakukan ini sedapat mungkin bersama anak, sehingga anakpun tumbuh rasa tanggung jawabnya. Pastikan semua tugas dan PR telah selesai dengan baik sebelum dimasukkan ke dalam tas. Berkesinambungan dengan ini, jadikan kebiasaan untuk mengecek tugas dan PR anak langsung/segera setelah sampai di rumah, baca dan pahami perintah tugas/soal supaya mama pun mengerti benar saat menemani anak belajar. Para orang tua wajib lho memonitor hasil pekerjaan rumah anak. Jangan biarkan pekerjaan yang salah, sukses 'keluar' dari rumah kita! ^_^

4. Pastikan anak sempat dan bisa menikmati sarapannya. Sediakan menu berenergi dan berprotein tinggi untuk mempersiapkannya belajar dengan baik di sekolah. Biasakan anak makan sarapannya sebelum berangkat sekolah. Tinggalkan pikiran 'segelas susu saja cukup', harus ada makanan yang baik mengisi perutnya setelah kosong semalaman! Sebutir telur rebus setengah matang dimakan langsung atau diselipkan diantara roti, atau omelet keju bisa jadi sarapan yang baik lho!

5. Siapkan bekal, pastikan terbungkus rapi dan tidak gampang terbuka/tumpah di dalam Tas anak. Bila sulit disiapkan pagi-pagi, siapkan saja dari malam dan simpan di lemari pendingin, bisa dihangatkan saja saat pagi. Memang gampang-gampang susah merotasi menu bekal sekolah anak, apalagi kalau menu selera makan si kecil terbatas, agar lebih mudah, buat saja jadwal bekal sepekan, jadi tidak perlu putar otak tiap pagi ;) Kalau anak lagi bosan dan menolak membawa bekal seperti biasanya, nggak usah stress apalagi ngotot-ngototan ke anak. Bawakan saja penganan/snack favoritnya dan selipkan tambahan ekstra yang sehat (sekotak susu cair atau potongan buah).

Memang tidak ada yang lebih mantap daripada persiapan yang matang. Selamat menikmati pagi yang tenang ya mama ^_^

*gambar diambil dari ab dan c.


Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...