Wednesday, June 08, 2011

Permainan Untuk Perkembangan Bahasa Anak (Untuk Orang Tua dan Anak usia 3+)

Saya senang bermain permainan kata berupa 'tanya-jawab' dengan Arvin (6tahun), karena saya yakin ini akan sangat membantu perkembangan bahasanya, menambah perbendaharaan kata dan tentu saja mendorong dia untuk lebih banyak bicara! Apalagi sejak kecil, saya membesarkan dia secara bilingual, jadi harus ada hal yang menyenangkan yang disusun agar membuat anak tidak bosan dan menikmati pembelajarannya.



Ada suatu permainan yang sudah kami mainkan mulai sejak Arvin berusia 3tahun, hingga hari ini. Termasuk permainan favorit kami, apalagi bila tidak ada kegiatan yang menyibukkan kami. Tidak ada nama khusus, tapi biasanya kami sebut "I'm thinking of a.."-Game.
Inti dari permainan ini adalah tebak kata. Jadi setiap pemain memikirkan sebuah benda (bisa binatang liar, karakter kartun, buah, jenis dinosaurus, benda langit dst), mendeskripsikannya dan kemudian pemain lainnya akan menebak benda yang dimaksud. Sesederhana itu. Tapi tiap kali main, Arvin akan sangat ketagihan dan tidak mau berhenti! Hihihi.

Bentuk pendeskripsiannya biasanya seperti ini:
"I'm thinking of an animal, that lives in a savannah. It has a four legs, a long neck, likes to eat leaves on a tree and has spots all over its body."
Dijawab: "Giraffe!"
"That's right! It's your turn now!"
Begitu selanjutnya bergantian antar orang tua dan anak. Petunjuk yang diberikan bisa diberikan sedikit, 1 atau 2 petunjuk dulu, baru ditambahkan belakangan bila anak kesulitan menebak. Tingkat kesulitan akan meningkat dengan semakin sedikitnya petunjuk yang diberikan, sesuaikan dengan usia anak agar permainan tetap menantang dan menyenangkan.

Di awal kami bermain permainan ini, saat Arvin baru berusia 3-4tahunan, biasanya tebakan hanya seputaran barang-barang yang berada di dalam ruangan, karena disesuaikan dengan usia anak, misalnya:
"I saw something on the wall, that shaped like a circle and has the color blue...".
Berikan petunjuk dengan singkat dan mendeskripsikan sifat dasar benda tersebut, seperti ukuran, bentuk dan warna. Karena di usia ini, biasanya perbendaharaan anak masih seputar bentuk dan warna benda, juga ukurannya. Bila ingin lebih seru, pada petunjuk terakhir, berikan juga fungsi benda tersebut, membantu memudahkan anak menebak.
"We use it to tell the time."
Jawabnya, " A Clock!".

Semakin besar anak, tema tebak-tebakannya bisa diperluas dan sifat deskripsinya bida semakin kompleks, misalnya untuk menjelaskan 'Anjing/Dog' bisa mengutarakan hal-hal berikut:
- berkaki empat (four-legged)
- mempunyai kaki tanpa cakar (have paws)
- memakan daging (carnivore)
- bisa dijadikan hewan piaraan (pet)
- suka bermain dengan manusia (friendly to humans)
- anaknya disebut 'puppy'
- berawalan dengan huruf A dan berakhir dengan huruf G (starts with the letter D and ends with G)
- dan seterusnya, tiada batasan...
Ingat, selalu berikan petunjuk yang paling umum di awal, makin spesifik kemudian.
Permainan ini semakin menarik dan mendidik saat anak mulai besar dan pengetahuannya telah berkembang, biasanya orang tua akan takjub sendiri dengan kemampuan deskripsi anak!
Permainan ini bisa sangat menarik dilakukan saat sedang menunggu antrian di dokter, antre di kasir, dalam perjalanan dan sebagainya.
Cobalah, anda bisa menciptakan peraturan dan batasan sendiri.
Misalnya, batas hanya sampai 3 petunjuk sudah harus menebak, boleh memakai petunjuk bahasa tubuh dan suara-suara tertentu dan sebagainya! Permainan ini menyenangkan dan sangat mendidik, terlebih lagi, gratis-tidak memakai benda apapun. Anak anda pasti suka!
Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...