Tuesday, September 17, 2013

Prasekolah: Memindahkan Beras menggunakan corong

Asyik menuang beras!
Aktivitas ini termasuk ke dalam latihan practical life, karena melibatkan kegiatan sehari-hari, seperti menuang dan memindahkan obyek ke dalam berbagai wadah.
Bahan:
- Botol plastik bekas
- Corong penuang 
- Beras 1 cangkir penuh 
- Sendok (opsional)


Fokus obyek adalah botol (Bb - letter of the week). Anak dihadapkan pada botol kosong dan secangkir penuh beras. Di leher botol diletakkan corong penuang. Mintalah dia memindahkan beras di cangkir ke dalam botol.
Awalnya Neo tidak terpikir untuk menuang beras langsung dari cangkir ke dalam botol, melainkan meremas (mengambil beras dalam genggaman) dan memasukkannya lewat corong. Namun ia segera menyadari bahwa beras jadi berantakan dan jatuh kemana-mana dan hampir tidak ada yang masuk ke dalam botol. Ia pun berpikir sejenak dan meminta Sendok kepada mama (senangnya melihat logika anak in action!). Mama pun mengambilkan sendok untuk Neo. 
Segera setelah memegang sendok, Neo langsung serius memindahkan beras ke dalam botol dengan lancarnya. Ia pun bangga bisa menyelesaikan 'tugas'nya. Sambil ia menuang beras, kami membahas bagaimana beras jatuh ke dalam Botol (cepat/lambat), apakah botol akan terisi penuh (membuat prediksi) dan tentang bunyi yang ditimbulkan oleh beras yang jatuh.

Banyak hal yang bisa dibahas dan dipelajari dari sebuah kegiatan super sederhana dan murah. Ikuti ritme berpikir anak dan jangan berikan solusi kecuali diminta. 
Selamat bermain! 

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...