Friday, September 06, 2013

Prasekolah: Belajar tentang Sifat Magnetis

Kegiatan yang satu ini sungguh mengasyikkan karena ada unsur eksperimental-nya bagi anak. 
Letakkan beberapa benda acak dan dengan bersenjatakan 'tongkat magnet' miliknya, anak bisa mulai menyortir mana obyek yang menempel pada magnet dan obyek mana yang tidak magnetis.


Bahan yang dipakai:
- Tongkat magnet homemade/magnet yang cukup kuat (bisa dibeli di luaran tapi saya masih belum berhasil menemukan tongkat magnet, jd untuk kali ini Saya buatkan tongkat magnet sendiri untuk Neo)
- Benda-benda untuk diselidiki anak (usahakan jumlah antara benda yg menempel ke magnet dan yang tidak cukup seimbang)


Tips: beberapa benda yang tampak jelas terbuat dari besi (berwarna perak Dan agak mengkilap) biasanya bisa membuat kita memprediksi bahwa benda itu akan menempel, padahal banyak benda yaanng berpenampilan serupa namun tidak magnetis (misalnya berbagai perhiasan imitasi, mainan plastik berwarna perak dsb). Gunakan benda-benda tersebut agar ada kesempatan menjelaskan pada anak bahwa sifat magnetis pada benda tidak bisa dilihat dari tampilan bendanya saja, melainkan terutama dari bahan dasar benda tersebut.
Kegiatan ini memperkenalkan balita pada ilmu sains mula-mula dan sifatnya menyenangkan. Neo suka sekali Dan saya suka melihat ekspresi wajahnya tiap Kali berhasil menemukan benda yang menempel pada magnet.

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...