Thursday, September 05, 2013

Practical Life: Mengganti Baterai pada Lampu Senter


Pada metode pengajaran Montessori, beberapa kegiatan anak mencakup beberapa kemampuan praktis dalam kehidupan sehari-hari yang umumnya dilakukan di rumah oleh para orang tua dan orang dewasa lainnya. Hal ini sangat penting karena kemampuan praktis ini membuat anak menjadi lebih 'life ready' karena pengetahuannya dapat langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terinspirasi dari pandangan Montessori tersebut, kegiatan ini melibatkan Neo untuk belajar mengganti baterai pada lampu senter (dipilih karena merupakan jenis alat elektronik yang paling umum dan mudah di buka maupun dioperasikan dan tentu saja untuk dimainkan!). 

Kegiatan ini sangat baik untuk melatih otot-otot motorik halus (gerakan memutar penutup senter untuk membuka dan menutup, serta gerakan jari untuk menyalakan tombol pada senter). Bila dibicarakan lebih jauh dengan anak, bisa juga dijadikan pembahasan tentang sains, bagaimana baterai bisa membuat lampu menyala dan mengapa pemasangan arah Baterai yang salah akan membuat lampu senter tidak bisa menyala dan seterusnya.

Bahan yang digunakan: 
- Lampu senter sederhana
- Baterai baru 
- Sebuah kartu instruksi kecil yang saya buat untuk memberikan gambaran pada Neo tentang letak arah baterai saat dimasukan ke dalam senter __kutub positif dan negatif pada baterai.


Neo bersemangat sekali pada saat pertama kali melihat persiapan untuk kegiatan ini, semua anak balita selalu senang kalau diperbolehkan memakai barang-barang milik orang dewasa :-) Sebagai reward, biarkan anak bermain dengan lampu senter setelahnya. 

Add caption
Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...