Monday, September 23, 2013

Ide belajar: Transparansi berwarna untuk bermain di light table

Transparansi berwarna adalah salah satu alternatif benda yang menarik untuk dimainkan di atas light table/light box. Warna-warnanya cukup kaya, saya membeli semua pilihan warna yang ada di toko (hehehe). Plastik2 lembaran yang cantik ini juga sama sekali tidaklah mahal, bila dibandingkan dengan harga mainan ataupun barang2 yang biasa kita belikan untuk anak. Saya membeli lembaran2 ini di sebuah toko fotocopy di dekat rumah dengan harga Rp. 750,-/lembar. Saya yakin bisa dibeli dengan harga lebih murah lagi bila dicari di tempat lainnya.

Tujuan utama penggunaan lembaran plastik tranparansi ini adalah bagi saya untuk sarana belajar dan eksplorasi warna dan pencampuran warna. Dengan eksperimen langsung di atas light table, anak mengalami sendiri bagaimana biru Dan kuning menjadi hijau, kuning Dan merah menjadi oranye dst. Bahas tentang warna primer Dan warna sekunder Dan bagaimana pada dasarnya semua warna dibentuk dari 3 warna primer ini. 
Bila dibentuk ke dalam berbagai bentuk, dapat dipakai untuk sarana belajar bentuk. Bentuknya dapat langsung dirasakan (sentuhan) dan dilihat oleh anak, jauh lebih baik dibandingkan belajar bentuk dari flashcards atau poster. 
Sejauh ini kami telah memanfaatkan transparansi warna warni ini sebagai media pernyortiran berbasis warna Dan juga sebagai backdrop anak2 bermain robot2an dan superhero di atas light box. Dorong anak untuk menemukan lebih banyak lagi fungsi dari yang sudah diketahui dari 1 buah/jenis benda.


tambahkan berbagai obyek unik, warna-warni dan transparan di atas light box
Indahnya warna-warna transparansi di atas light box
Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...