Saturday, March 03, 2012

Stik es krim & tumbler untuk latihan motorik halus


2 benda sederhana yang tersedia begitu saja di rumah, namun ternyata bisa menjadi sangat berguna untuk latihan motorik halus dan sangat digemari Neo. Letakkan Tumbler dan stik es krim dalam wadah di atas meja dan ajak anak ke meja. Instruksinya sederhana saja: "Neo, coba masukin stiknya satu-satu ke dalam tumbler ini ya..". Bila perlu, contohkan 1-2 kali. Selanjutnya biarkan si balita mencoba sendiri. Ini penting karena anak perlu belajar mendengarkan dan memahami kalimat instruksi sederhana. 

Anak pasti akan tergoda untuk memasukkan banyak stik sekaligus, tapi salah satu hal yang saya sukai dari tumbler ini, lubangnya cukup kecil, jadi paling banyak hanya bisa muat 2 stik saja. Ini kesempatan untuk mengajari anak kesabaran dan ketelitian, bahwa dia hanya bisa memasukkannya satu persatu.  Jangan lupa sebutkan warna-warna stik (jika menggunakan yang berwarna) yang berhasil dimasukkan anak untuk memantapkan pengenalannya akan warna.
Latihan motorik halusnya bukan hanya terletak pada kegiatan memasukkan stik ke dalam lubang kecil, tapi juga mengambil stik yang pipih dari permukaan wadah yang datar cukup menantang lho untuk balita, apalagi ketika jumlah stik sudah tinggal sedikit (sama seperti kita mau memungut kartu dari atas lantai yang datar, seringkali sulit bukan?). Anak akan belajar untuk memanipulasi posisi stik dan memanfaatkan sudut wadah untuk bisa memungut stik. 

Sejak pertama kali dikenalkan dengan aktivitas ini, hampir setiap hari Neo kembali meminta melakukannya. Dia suka banget! memang sepertinya ada sesuatu antara balita dengan kegiatan mengeluar-masukkan benda ke dalam wadah.


Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...