Wednesday, March 07, 2012

Homemade Toy: Bottle Caps Color match & Memory game


Saya memang mengumpulkan tutup-tutup botol plastik untuk sebuah proyek kerajianan yang belum juga rampung sampai sekarang, dalam proses pengumpulannya, koleksi tutup botol plastik saya jadi banyak sekali, jadi saya pikir saya harus membuat sesuatu yang berguna untuk anak-anak saya. 
Setelah melihat banyak contoh permainan Memory yang dibuat menggunakan tutup botol, antara lain di sini, saya pun ingin membuat juga, tapi saya tahu, permainan Memory akan menjadi terlalu rumit untuk dimainkan oleh Neo (meskipun sangat pas untuk Arvin), jadi saya tidak menggunakan gambar ataupun pola yang detil, melainkan menggunakan warna-warna polos untuk dijadikan sebagai aktivitas color matching untuk Neo.  Saya puas, karena kedua anak saya (22 bulan dan 6 tahun) bisa memainkannya. Mungkin saya akan membuat lagi permainan yang sama dengan gambar yang lebih rumit/detail khusus untuk Arvin di lain waktu.


Bahan-bahan:
- 20 buah (atau lebih) tutup botol yang sama persis (merk dan varian yang sama)
- Kertas warna-warni
- Koin Rp. 100,- (sebagai cetakan yang sangat pas untuk lingkaran dalam tutup botol)
- Lem
- Alat tulis
- Gunting

Cara membuat:
1. Jiplak sepasang lingkaran seukuran uang koin 100 Rupiah ke atas aneka kertas warna-warni yang ingin digunakan. Arvin membantu saya menjiplak uang koin di atas kertas.
2. Potong lingkaran dan lem ke bagian dalam tutup botol plastik.
3. Untuk memainkan permainan Memory, susun tutup botol secara acak dan terbalik. Sedangkan untuk permainan mencocokkan warna bagi  balita, pastikan mengacak letak tutup botol dan menyusunnya dengan sisi berwarna menghadap ke atas/terlihat oleh anak.

Posisi tutup botol untuk permainan Memory

Arvin memainkan mainan barunya sambil ditemani oleh Neo

catatan: sebaiknya dimainkan dipermukaan lain (lantai terlalu licin)


Saya puas dengan hasilnya. Sebuah permainan buatan sendiri yang sederhana tapi disukai para krucils :) lagipula gratis dan hanya butuh 45 menit untuk membuatnya. 




No comments:

Post a Comment