Sunday, January 01, 2012

2011 dalam kenangan


Tahun ini membawa banyak perubahan dan penyesuaian dalam kehidupan kami. Tidak semua mudah, tapi semuanya berhasil dilalui. Dalam hitungan jam, tahun ini akan segera berakhir dan berganti ke tahun yang baru. Untuk mengenang apa-apa saja yang terjadi sepanjang tahun ini, berikut beberapa hal penting yang akan selalu hidup dalam kenangan dan tercatat dalam sejarah keluarga kami:

1. Ulang tahun Neo yang pertama.
Ya,.. di tahun ini Neo melalui salah satu langkah penting dalam hidupnya: Melepas masa bayi. Bahagianya melihat pertumbuhan dan perkembangan Neo sepanjang tahun keduanya ini. Hari-hari kami diisi dengan keceriaan gerak lincah si balita, kebandelan dan keisengan yang tiada akhir, penasaran akan kata-kata baru yang dikuasainya, permainan seru yang disukai si balita dan teriakan, pekikan, serta gelak tawa setiap saat. 

2. Kepindahan keluarga kami dari kota A ke kota B. 
Bulan Juli di tahun ini keluarga kami pindah kota tinggal. Beberapa penyesuaian mendasar harus dijalani, terutama bagi anak-anak. Kami amat bersyukur atas kepindahan ini, lebih banyak hal untuk disyukuri daripada disesali.  Disini kami bertemu dengan keluarga besar dan anak-anak kami dapat bercengkrama dengan sepupu-sepupu mereka dan kami orang tua bisa dekat dengan keponakan-keponakan kami. Kakak beradik papa dan mama pun sebagian besar ada di sini. Seringkali saya sampaikan pada Arvin, bahwa kami ini bukan pindah, melainkan pulang. 

3. Perpisahan dengan papa yang bekerja di kota lain. 
Berhubung dengan kepindahan kami juga, tahun ini kami (mama dan krucils) berpisah dengan papa yang bekerja di kota lain. Dinamika kehidupan keluarga yang berubah telah memberikan banyak pelajaran berharga bagi kami. Anak-anak pun jadi dapat belajar untuk memaksimalkan dan menghargai kebersamaan keluarga. 

4. Arvin masuk sekolah baru. 
Serunya memperhatikan si sulung menyesuaikan diri dengan sekolahnya yang baru. Teman-teman, suasana sekolah dan kelas secara umum, guru-guru, peraturan sekolah dan sebagainya. Bagi saya kepindahan adalah suatu kesempatan penting bagi seorang anak, banyak hal yang bisa dipelajari sambil menyesuaikan diri dengan apa yang terjadi. Terima kasih Tuhan, untuk kesempatan yang berharga ini. 
5. Ulang tahun Arvin yang ke-6.
Tahun 2011 ini Arvin melewati masa balitanya dan menjelma menjadi si anak besar. Tahun ini juga menjadi sangat berarti karena Arvin sudah sepenuhnya mandiri di toilet dan di kamar mandi. Perkembangan besar dari segi intelektualnya, belajar membuat kalimat, mengarang puisi, penjumlahan dan pengurangan yang kompleks dan juga cara menunjukkan waktu secara spesifik. Senangnya mama melihat dan menikmati kompleksitas hasil gambar Arvin yang semakin baik setiap hari.    

6. Meninggalnya kedua oma, lahirnya seorang keponakan lagi. 
Pada bulan Oktober oma saya meninggal dan pada bulan Desember ini, oma dari suami meninggal. Peristiwa kematian sungguh mengajarkan pada kita bahwa hidup ini tidak kekal dan dapat berakhir kapan saja, bertambah lagi alasan untuk menjalani setiap hari dengan positif dan hati yang penuh syukur. kematian juga mengajari kita untuk membangun kenangan setiap hari, karena setelah kehidupan seseorang berakhir, hanya kenanganlah yang tetap hidup selamanya. 
Pada tanggal 13 Desember ini, bertambah seorang lagi keponakan saya, yang juga berarti sepupu bagi Arvin dan Neo, baby Teo. Tahun 2011 memberikan pelajaran yang sangat berharga, Tuhan yang mengambil dan Tuhan jugalah yang memberi.   

7. Lancarnya komunikasi dengan Neo.
Di tahun ke-2nya ini kemampuan komunikasi (memahami pembicaraan dan berbicara) melesat cepat sekali, hasilnya ngobrol dengan Neo sekarang jadi super mudah dan seru, bahkan Neo sudah menjelma jadi si bocah cerewet yang suka berkomentar. Senangnya hati mama! 

8. Natal yang indah. 
Hari Natal di tahun 2011 ini sangat bermakna bagi kami. Di tahun ini kedua orang tua dari keluarga saya dan suami berada di 1 kota yang sama, jadi kami berkesempatan untuk menghabiskan waktu bersama kedua keluarga besar secara bersama-sama. Ini adalah hadiah Natal terindah bagi kami! anak-anak pun berkesempatan menikmati dan merayakan Natal bersama seluruh keluarga, opa, oma, om, tante, dan para sepupu mereka. 

Pada akhirnya tidak ada rasa selain syukur atas perlindungan Tuhan sepanjang tahun 2011 ini bagi keluarga kami. Selamat tinggal 2011 dan selamat datang 2012, tahun baru yang penuh harapan dan kebahagiaan yang menjelang. Mari berharap yang terbaik dan lakukan yang terbaik di tahun rahmat Tuhan yang baru ini. 

Have a joyous new year everyone!
Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...