Sunday, April 10, 2011

"Namanya Siapa?": Cerita dan Tips tentang memilih nama anak

Dua kali sudah saya mendapat kesempatan (yang terhormat) untuk memilih dan menyusunkan nama untuk anak-anak saya. Memilih nama anak menurut saya memang harus dipikirkan masak-masak, karena ini perkara serius dan sebuah nama akan disandang anak seumur hidupnya! Bukan perkara sepele kan? Tentunya kita nggak mau anak jadi malu atau bulan-bulanan ejekan orang hanya karena kita orang tuanya yang egois dengan memberikan nama yang terlalu 'unik' atau lain dari pada yang lain (but not in a good way..).

Berikut proses pilih & susun nama anak-anak saya...


Si Anak pertama
•RAMSES ARVIN CONSTANTINE SUNDAMEN•
Arti dari serangkaian nama ini adalah anak yang lahir bersama matahari, supel, teman semua orang, tegas dan berpendirian teguh.

Nama RAMSES, dipilih karena artinya yang pas banget dengan kelahirannya yang di pagi hari bersamaan dengan matahari yang terbit. Saya juga ingin inisial R untuk anak saya, karena saya pikir-pikir huruf R itu bagus bila dibikin inisialnya, misalnya di liontin kalung atau undangan nikah (gila kan, mikirnya sampai sejauh itu,.. Haha).

Nama ARVIN sendiri sebetulnya saya suka karena simpel, gampang disebutkan dan saya pertama kali mendengarnya di film seri action favorit saya ALIAS (Jennifer Garner). Lucunya, nama Arvin di film itu di ambil dari nama tokoh Arvin Sloane yang adalah (justru) tokoh antagonisnya, tapi saya suka karena karakternya yang pintar, strategis dan cerdik. Jadilah nama itu dicomot, apalagi setelah tahu artinya yang bagus, yaitu "friend to all". Semoga Arvin jadi orang yang ramah dan bisa menjadi teman bagi semua orang.

Nama Constantine terinspirasi dari 2 orang, yang pertama adalah seorang kontestan American Idol tahun 2004, saya suka banget dan di tahun itu saya mengandung Arvin, jadilah saya simpan nama itu. Kemudian Keanu Reeves merilis film Constantine di tahun yang sama, saya penggemar berat aktor ganteng tersebut, jadilah saya YAKIN SEYAKIN-YAKINNYA untuk mengambil nama ini. Tadi terpikir untuk memberi nama Keanu, tapi kayaknya kok terlalu obvious gitu loh kalo ngefans ama K. R, jadi kita ambil karakter di filmnya aja deh. :) nama ini sendiri punya arti yang bagus, yaitu tegas dan berpendirian teguh, wah mengingat anakku cowok, itu pun juga sekalian menjadi doa baginya kelak menjadi pribadi yang demikian.



Si Anak kedua.
•EUGENEO DOMINIC NATHANAEL SUNDAMEN•
Rangkaian nama ini berarti anak pemberian Tuhan yang lahir dengan sempurna dan adalah milik Tuhan.
Anak kedua ini karena mungkin lebih highly anticipated, kami orang tua justru sibuk berkutat dengan puluhan ribu nama-nama bayi dan artinya, memilih satu persatu, layaknya juri di audisi nama bayi! Tiap hari membahas nama mana yang paling sesuai, bagus dan sebagainya! Akhirnya setelah kandungan memasuki usia 9 bulan, barulah kami bisa bersepakat memilih nama lengkap buat si kecil :)

Nama Eugeneo merupakan usulan si papa yang setengah memaksa ingin menamai anaknya Eugene, tapi karena saya merasa nama itu kayaknya agak kuno, saya kurang setuju, sampai suami akhirnya mengijinkan saya menambahkan huruf O di belakangnya agar terdengar lebih modern, dan nama panggilannya akan menjadi Neo (lagi-lagi seperti karakter Keanu Reeves di film The Matrix Trilogy). Lagipula artinya yang bagus membuat saya langsung jatuh hati: lahir dengan sempurna. Ahh,.. Indahnya.

Nama Dominic murni dipilih karena artinya yang adalah 'milik Tuhan'. Sesuai banget dengan pandangan kami kalau anak itu adalah milik Tuhan, dan sudah jadi tanggung jawab orang tua untuk mendidik dan memelihara mereka. Nggak pikir panjang, langsung dipilih.

Nathanael pun sama, dipilih karena artinya yang bagus, yaitu pemberian Tuhan. Setelah hidup berjauhan dengan suami 4 tahun lamanya, Tuhan mempercayakan 1 lagi anggota keluarga buat kami. Benar-benar hadiah dari Tuhan!

Saya memang memutuskan untuk memberikan 3 nama pada masing-masing anak (ditambah nama keluarga suami di belakangnya). Karena saya sendiri punya 3 nama dan saya merasa asyik aja selama ini hidup dengan nama cukup panjang, jadi saya teruskan buat anak-anak juga.

Berdasarkan pengalaman memilih dan menyusun nama anak-anak, saya melalui proses seperti berikut:

1. Kumpulkan si calon nama.
Biasanya tiap kali baca buku atau nonton film dan menemukan nama yang menurut saya bagus, akan segera dicatat supaya ingat. Bisa juga browsing nama-nama berdasarkan inisial yang dikehendaki, misalnya huruf R. Atau berdasarkan kategori, seperti asal nama, dan sebagainya. Nah, setelah dipilih beberapa nama yang disukai, langkah selanjutnya mencari tahu makna dari masing-masing nama tersebut. Jika artinya tidak bagus atau saya tidak suka, biasanya nama langsung dicoret. Bagi saya arti nama itu penting dan merupakan faktor penentu dalam pemilihan nama.

2. Panjang nama.
Berhubung sekarang ada banyak pilihan nama di tangan, putuskan seberapa panjang kita ingin menyusun nama anak kita. Apakah cuma satu kata? Apakah 2 atau 3 kata? Apakah ada nama keluarga yang harus ditambahkan di belakangnya? Jangan sampai lupa masih ada nama keluarga atau nama baptis, atau keduanya yang akan ditambahkan kemudian sehingga membuat nama jadi super panjang! Saya kenal seseorang dengan nama sebanyak 7 kata yang akhirnya bukannya unik, malah membuat orang gerah menuliskan namanya!

3. Bunyi dan kesesuaian nama.
Setelah pasti nama mana saja yang dipilih dan seberapa panjang alias ada berapa nama yang akan disusun, mulailah merangkai nama-nama tersebut mana yang paling enak didengar? Biasanya saya berulang-ulang mengucapkan dan menuliskan nama yang sudah disusun untuk melatih juga mendengarkan nama tersebut, apakah nama itu enak didengar? Mudahkah disebut? Mudah ditulis?

Memilih nama anak adalah salah satu tugas yang paling saya sukai, menyenangkan sekali bisa menamai seorang manusia yang akan membawa nama pilihan anda itu seumur hidupnya.

2 comments:

  1. pingkan.9:27 PM

    well, my sister's son named after Mr.Reeves himself as in Keanu..
    mgkn kalo udh besar bakal cepet akrab ama Arvin aka Constantine and Neo, lol.

    ReplyDelete
  2. Haha, emang mr.keanu mencuri banyak hati yah,.. ;)
    Semoga mereka bisa ketemu dan kenalan ya Pink ;)

    ReplyDelete