Monday, March 28, 2011

Arvin si anak 6 tahun






Senin tanggal 21 Maret 2011, anak sulungku Arvin genap berusia 6tahun, atau lebih tepatnya 2191 hari. Arvin sudah berkembang dan bertumbuh pesat dan banyak sekali, begitu banyak perubahannya yang membuat saya takjub!

Satu hal menarik dari si 6 tahun Arvin adalah kemampuan berpikirnya yang sudah lebih kompleks sekarang, jadi bener-bener bisa NGOBROL serius dengan mama. Banyak topik yang bisa dibahas, tapi sejak dulu topik binatang dan ciptaan Tuhan lainnya selalu menjadi primadonanya. Kami suka membahas tentang hewan-hewan dan apa yang menjadi makanan mereka, dimana tempat mereka hidup dsb. Sehari-hari juga kegiatan kami berkisar mengobservasi binatang di sekitaran rumah, seperti anjing, kucing, ayam dan segala bentuk serangga dan reptil di halaman! Seru! Saya sangat bersyukur karena (tentunya) pilihan channel ke-2 Arvin setelah Cartoon Network adalah Animal Planet dan National Geographic Channel.
Fakta bahwa di hari ulang tahunnya dia nggak minta hadiah apa-apa, cuma minta bagi-bagiin kue buat temen-temen di sekolah ama tetangga aja udah bikin mama terharu. Kayaknya menjadi kakak alias the big brother sungguh membuat Arvin semakin nggak egosentris dan dewasa! *lap aer mata*

Satu hal yang sangat membanggakan dari Arvin adalah kesiapannya menjadi kakak bagi Neo. Saya memang berusaha keras untuk mempersiapkannya sejak hamil namun terus terang saya tidak berharap banyak dan hasilnya sungguh di luar harapan!! *proud of you kakak* sekarang di umurnya yang sudah makin deket ke 1 tahun, Neo lagi sering-seringnya memukul, melempar, mencakar, mencubit (Semua bentuk yang mungkin terpikirkan), pokoknya 'menyakiti' orang lain (oh fase ini cepatlah berlalu). Karena Arvin yang paling mudah dijangkau dan paling sering berada di dekatnya, jadilah dia bulan-bulanan sama adiknya! Tapi tidak pernah sekalipun dia membalas menyakiti adiknya, meski kadang sudah nggak tahan dan mewek juga,.. *elus elus anakku sayang*
Arvin juga selalu merasa bertanggungjawab menjagai adiknya, tiap kali dia merasa ada bahaya mengintai langsung report ke mama, "Ma! Disitu ada koin, awas nanti Neo mau dapet terus dimasukkin mulut!!" atau "Ma, Neo mau ambil pensil kakak, nanti kena di mata!" atau "Ma, Neo udah mau keambil gelas, nanti pecah ma!". Ah, tugas mama sehari-hari jadi jauuuuuh lebih mudah karena kakak.

Di usia ini Arvin juga sudah menjelma jadi 'penasehat' yang baik. Kadang justru bikin papa dan mama malu sendiri! Hehe. Suatu saat pas lagi ngobrol dengan mama Nit, mama bilang, "Iya, masa udah gendut kayak babi gitu,.." padahal cuma obrolan bercanda lho..! (membela diri, red.) Arvin langsung, "Eits, mama! Ngomongnya,.. Bad words itu!". Ups! My bad!! Begitu juga dengan si papa yang suatu hari kelimpungan nyari BBnya yang nyungsep entah kemana, begitu ketemu dan nyadar kalo dia sendiri yang sudah lupa menaruh di tempat tersebut, Arvin sang bijak puk komentar, "Makanya pa, lain kali jangan taruh sembarangan ya..". Papa dan mama pun saling berpadangan geli.

Arvin juga selalu jadi anak yang helpful dan siap dimintai tolong kapan aja. Sering banget meladeni permintaan mama (yang ngerepotin), pas lagi nyusuin Neo terus haus, "Arv, tolong ambilin mama minum dong, haus banget nih..", atau "Arv, boleh tolong ambilin remotenya nggak??" atau " Kak, udah mo bobo nih Neonya, tolog matiin lampunya dong,.." atau "Kak, ini biskuitnya tolong masukkin lagi ke kulkas ya..! Makasih kak.." dan banyak lagi tiap harinya,.. Jadi kalo Arvin ada salah sedikit disela-sela semua bantuan dan kebaikan hatinya itu, jangan gampang marah-marahin dong mama!! (note to self).

Nggak terasa memang sudah 6tahun berlalu bersama si kakak Arvin. Banyak banget hal indah tak terlupakan bersama si 'ocintanya' mama ini dan begitu banyak juga kesalahan papa & mama yang menjadi peringatan untuk TIDAK diulangi lagi dalam mengasuh dan membesarkan anak. Sebagai anak pertama mau nggak mau Arvin selalu jadi 'bulan-bulanan' trial & error-nya papa mama dalam urusan belajar menjadi orang tua. We always love you Arvin! And you will always be our #1!!
Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...